WELCOME TO ARIE ZETTYA BLOG

Minggu, 17 Oktober 2010

Safety Stock

Safety stock (Persediaan Pengaman) adalah persediaan atau cadangan bahan minimum yang harus dimiliki oleh perusahaan untuk mengantisipasi kemungkinan keterlambatan distribusi bahan baku dari distributor.


Adapun faktor-faktor yang yang mempengaruhi persediaan adalah :

a. Harga bahan baku
  Harga bahan baku merupakan penyusunan perhitungan berapa besar dana perusahaan harus disediakan untuk investasi dalam persediaan bahan baku ini.
b. Perkiraan pemakaian
  Sebelum kegiatan pembuatan bahan baku dilaksanakan, maka manajemen harus membuat perkiraan bahan baku yang akan dipergunakan dalam proses produksi pada suatu periode.
c. Biaya-biaya persediaan
Didalam menentukan besarnya persediaan bahan baku, maka perlu diperhitungkan pula biaya-biaya penyelenggaraan bahan baku.
d. Pemakaian senyatanya
  Pemakaian bahan baku senyatanya dari periode-periode yang lalu (aktual demand) merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan seberapa besar penyerapan bahan baku oleh proses produksi perusahaan serta bagaimana hubungannya dengan pemakaian yang sudah disusun dan harus senantiasa dianalisa, dengan demikian maka akan dapat disusun perkiraan kebutuhan bahan baku mendekati kenyataan.
e. Waktu tunggu  Waktu tunggu (Lead Time) adalah tenggang waktu yang diperlukan antara saat pemesanan bahan baku sampai datangnya baha baku tersebut.
f. Kebijaksanaan pembelanjaan   Seberapa besar persdiaan bahan baku akan mendapatkan dana dari perusahaan akan tergantung pada kebijaksanaan-kebijaksanaan dari dalam perusahaan tersebut.

0 komentar:

KidZ haCkEr © 2008 Template by:
SkinCorner